Rabu, Februari 23, 2011

Lumpia Basah

waduh kayaknya kudu dicoba nih, sembari jalan pagi2 numpak montor ke Bogor muantebz buangetz nih (4L4Y style)



YUDI/DOYANMAKAN.COM Lumpia basah khas Bogor.

KOMPAS.com - Sewaktu kami jalan-jalan di jalan Surya Kencana, Bogor, kami tidak sengaja menemukan satu makanan yang menurut kami ini enak sekali. Yaitu Lumpia Basah Bogor yang berada di Gang Aut, Jalan Surya Kencana, persis didepan sebuah toko oleh-oleh. Aroma lezatnya membuat saya berhenti di depan gerobaknya dan langsung memesan Lumpia Basah ini, teman saya sampai terheran-heran he-he...

Bagaimana saya tidak tergoda untuk mencobanya, harumnya menyebar kemana-mana pada saat si bapak menumis isi lumpianya. Saya pun harus rela menunggu sekitar 20 menit, karena ada pesanan sekitar 15 buah milik ibu-ibu yang berdiri di sebelah saya. Hmm...tidak apa-apa deh, demi lumpia basah he-he...

Sembari menunggu saya ngobrol-ngobrol dengan penjualnya, Bapak Alen namanya dan beliau sudah berjualan sejak tahun 1972. Beliau juga bercerita bahwa sampai saat ini dia mempunyai banyak pelanggan yang tetap setia membeli lumpianya dari zaman dulu hanya 50 perak sampai sekarang sudah Rp 8.000. Dan sekarang dia dibantu oleh kerabatnya untuk menyiapkan kulit-kulit lumpianya, tapi yang memasak dan meracik bumbu isi lumpianya tetaplah Pak Alen sendiri.

Cara memasaknya pun masih menggunakan tungku dan arang, membuat rasanya jadi sedikit berbeda dengan lumpia-lumpia basah yang lain. Isi Lumpia Bogor menggunakan bengkoang sebagai isinya, bukan rebung seperti lumpia basah ala Semarang.

Akhirnya lumpia pesanan saya jadi juga, ukurannya cukup besar dan dibungkus dengan daun pisang. Langsung saja saya coba, nyam nyam ... ternyata enak sekali. Bengkoang, telur dan tauge yang dijadikan isi lumpianya berbaur sempurna dengan racikan bumbunya. Agak manis, gurih dan dan sedikit pedas karena campuran sambal yang tadi saya minta tambahkan pada saat bapaknya menumis. Mantap deh lumpia basah Pak Alen.

Tidak heran beliau mempunyai banyak pelanggan setia, karena memang rasanya enak sekali. Membayangkannya saja sudah membuat saya kepingin makan lumpia basah ini lagi. (Ita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar